Blog

Perkembangan Baju Jersey Dari Masa Ke Masa

Perkembangan baju jersey dari masa ke masa

 

Lucu….Dulu Jersey Klub Dibikin Longgar dan Tertutup…Lalu Bagaimana Dengan Sekarang?

 

Kamu Hobby Bola, Hobby basket, Hobby Volly? Kalau iya tentu sebagian besar juga maniak terhadap  Jersey Klub…bahkan penggila pernak-pernik yang berkaitan dengan olahraga yang dimainkan.

 

Yup….mengoleksi baju jersey klub idola adalah hobi yang berawal dari fanatisme atas sebuah klub.

Jersey klub dari beberapa cabang olahraga  tentu mudah didapatkan di toko-toko. Namun, Sebagaimana barang koleksi lainya, jersey memiliki nilai historis yang menandai perjalanan satu klub sepak bola, baju basket klub . Kemunculan jersey sendiri memiliki sejarah panjang.
Yuk…kali ini kita bahas tentang jersey klub bola….

 

 

 

Seperti dilansir dari situs Historical Kits, penggunaan seragam untuk membedakan dua tim yang bertanding.

Pada akhir abad ke-18 ketika sepak bola mulai populer di Inggris–negara yang dikenal sebagai negara asal olahraga itu– belum ada aturan mengenai tentang jersey. Semua pemain berhak memakai pakaian yang mereka suka.

Aturan itu baru keluar pada 1891, ketika otoritas sepak bola Inggris (FA) memutuskan klub-klub wajib memakai jersey klub yang seragam.

Sejak saat itu hingga sekarang inovasi jersey terus berubah. Dari mulai bahan, hingga model.

Pada masa awal seragam diberlakukan, FA mendata warna dasar dari seragam setiap klub. Pada masa tersebut jersey lebih berat karena berasal dari bahan wol dan berlengan panjang. Celana yang digunakan pun panjang.

Aturan jersey kandang-tandang baru muncul pada 1920an ketika tim tuan rumah dan tamu memiliki warna dasar yang sama.

Bentuk Baju Jersey

Sejak akhir abad ke-19, bentuk jersey juga banyak mengalami inovasi. Dari yang serba besar dan tertutup pada masa awal, serba mini pada era 1960an hingga 1990an awal.

Dasawarsa 1990an tren jersey kembali lagi ke bentuk longgar atau terlalu besar. Pemain-pemain seperti Roberto Baggio, Frank de Boer, dan lain-lain pada masa itu mengenakan jersey yang terlihat lebih lebar dibandingkan era sebelumnya yang mini.

 


Terlihat lucu yah dibanding sekarang?

 

Namun trend  berubah seiring perkembangan jaman. Di awal milenium ketiga, Kappa mendobrak tren jersey dengan menerbitkan seri kombat yang digunakan timnas Italia di ajang Piala Eropa 2000. Dimulailah era baru sampai dengan sekarang, jersey-jersey sepak bola umumnya sudah menjadi slim-fit.

Jersey itu lebih menempel ke tubuh pemain untuk memudahkan pergerakan dan meminimalisasi pemain lawan menarik baju. Sejak saat itu, teknologi minimalis terus menempel pada jersey-jersey klub sepak bola maupun tim nasional.

Selain itu sistem distribusi ventilasi angin pun mulai diterapkan lewat panel berongga pada kain jersey.

Bukan hanya bentuk dan bahan saja yang mengalami inovasi. ornamen-ornamen dari jersey pun mengalami perubahan-perubahan. Pada era 1990an, penggemar sepak bola akrab dengan jersey yang memiliki kerah, kancing hingga bagian atas dada.

Kemudian jersey-jersey berlengan panjang yang dipakai pada musim dingin pun mudah ditemukan. Pada akhir 2000an, tren jersey berkerah, berkancing, dan jersey lengan panjang itu mulai meredup.

Untuk mengatasi rendahnya temperatur di musim dingin, produsen jersey sudah menyediakan dalaman yang menempel ke tubuh untuk meminimalisasi pemain merasa kedingininan.

Jersey yang digunakan pun sudah amat jarang yang berlengan panjang akibat adanya penemuan tersebut.

 

 

Nama, Nomor Punggung, dan Sponsor

Aturan mengenai pemberian nomor di setiap jersey mulai diketahui dibekukan pada akhir 1920an. Ketika di Indonesia–saat itu Hindia Belanda–para pemuda menggalang sumpah persatuan, di Eropa FA membakukan penggunaan nomor untuk jersey yang digunakan pemain.

Jersey itu disesuaikan dengan posisi pemain di belakang, dengan kiper utama menggunakan nomor paling kecil, 1, dan seterusnya yang tertinggi sesuai posisi di lapangan.

Tren sponsor mulai ambil bagian dari jersey terjadi pada dasawarsa 1980an. Resminya itu terjadi ketika Liverpool mengikat kontrak dengan Hitachi pada 1979. Mulai saat itu bom sponsor pun menyebar.

Tidak cuma di bagian depan, logo sponsor pun menempel di tempat lain di jersey. Seperti FC Basel yang musim ini memasang tiga sponsor di jersey saat tampil di liga domestik.

Atau di tanah air, misalnya Persib Bandung, yang menempel hingga sembilan nama sponsor di jersey saat mengarungi Liga Super Indonesia (ISL) 2015 nanti.

Namun, jauh sebelum Liverpool memunculkan gebrakan sponsor itu, pada pertengahan 1970an, klub Inggris Kettering Town pernah mengakali aturan FA dan memasang sponsor di jersey mereka.

Klub itu memajang merek lokal ‘Kettering Tyres’ yang diperpendek jadi ‘Kettering T’ –seolah-olah itu adalah kependekan dari ‘Kettering Town’untuk mengakali FA. Namun, FA tak setuju dan memerintahkan klub itu menanggalkan nama Kettering T dari Jersey dan menghukumnya dengan denda.

Bukan hanya jersey untuk bermain di pertandingan, klub pun mencoba mencari peluang lewat seragam latihan dan lain-lain. Tentu saja sponsornya pun berbeda-beda.

Seperti Liverpool yang memiliki sponsor bank Standard Chartered, namun untuk seragam latihan sponsor yang tertera adalah maskapai nasional, Garuda Indonesia.

Bisnis Jersey

Pendukung klub sepak bola akan mengasosiasikan dirinya dengan klub–bahkan dengan pemain idolanya–lewat replika jersey. Penggunaan jersey adalah kebanggaan para pendukung.

Namun, itu pun tergantung dari nilai sejarah dari model jersey serta desainnya sendiri.

Bagi klub, penjualan jersey akan menjadi ajang bisnis untuk meraup untung. Setiap awal musim apparel yang menjadi sponsor klub selalu memunculkan jersey dengan model baru.

Tidak ada yang salah dari model jersey sebelumnya, namun itu dilakukan untuk meraup uang dari para pendukung tim. Selain jersey utama, jersey tandang adalah yang paling banyak diolah desain dan modelnya oleh penyedia perlengkapan olahraga klub. Proyek baru setiap awal musim.

Beberapa produsen Baju Jersey Olahraga juga menyediakan layanan custom untuk menampung aspirasi para penggila bola dengan merubah sedikit desainya, tanpa meninggalkan ciri dan ruh dari klub kesayangannya. .Keunggulan disini, pemesan bisa memodifikasi dari desain jersey yang ada, entah warna, bentuk tulisannya, bahkan nama klub dirubah menjadi sponsor tim yang diikutinya.

Sejak tahun 2010, kami juga mendedikasikan sebagai tempat pembuatan jersey jersey custom pesanan sesuai desain customer, baik model kain polos yang dimodifikasi maupun model printing yang sekarang sedang ngetrend…

Tidak monoton lagi khan?

 

Setuju… banyak yang bisa diulas dari dunia olahraga…baik sepakbola, basket, bola volly dan lainnya. Kami berusaha untuk mendedikasikan diri sebagai sumber utama untuk referensi hal-hal yang berkaitan dengan dunia jersey.

 

Semoga bermanfaat.

 

Jabat Erat,

 

Tim Bajujersey.com

 

Diolah  dari cnnindonesia.com dan  beberapa sumber (NM)

baju jersey, baju bola, seragam bola, baju futsal, sejarah jersey, tempat bikin baju jersey, tempat bikin jersey bola, bikin baju jersey, bikin baju bola, sejarah jersey, bikin baju futsal, kaos futsal, bikin kaos futsal
Share
Published by

Recent Posts

Jasa Konveksi Jersey Printing Custom

Bajujersey.com adalah sebuah usaha yang bergerak dalam bidang jasa konveksi jersey printing custom yang banyak…

1 year ago

Produsen Jersey Printing Custom

Produsen Jersey Printing Custom - Bajujersey.com adalah salah satu vendor atau produsen daripada pembuatan baju,…

1 year ago

Bikin Jersey Printing Custom Jakarta

Bikin Jersey Printing Custom Jakarta - Kami adalah sebuah garment jasa konveksi yang menerima pembuatan…

1 year ago

Vendor Bikin Jersey Custom Printing

Vendor Bikin Jersey Custom Printing Bajujersey.com siap memberikan layanan pembuatan segala jenis baju dan kaos…

1 year ago

Tempat Bikin Jersey Bola Custom

Apakah Kamu sudah menemukan tempat bikin jersey bola custom yang terbaik ? Tempat Bikin Jersey…

1 year ago

Kaos Lari Marathon Printing

Kaos Lari Marathon Printing - Memulai olahraga lari atau running dan marathon dengan bertujuan untuk…

4 years ago